Asuransi Perjalanan Qoala, Trip Jadi Lebih Aman dan Nyaman

JSMedia – Harus diakui bahwa perjalanan, baik domestik maupun internasional, semakin banyak diminati oleh para traveller. Selain karena biaya yang juga semakin terjangkau, opsi ini juga jauh lebih cepat dan nyaman. Namun untuk mendapatkan pengalaman perjalanan terbaik, menggunakan perlindungan menjadi salah satu opsi yang penting dipertimbangkan. Salah satunya dengan menggunakan asuransi perjalanan Qoala.

Mengenal Asuransi Perjalanan Qoala

Asuransi Perjalanan Qoala

Makin tingginya minat orang memilih jalur udara, berimbas pada arus penerbangan yang makin padat. Hasilnya, keterlambatan penerbangan (delay) menjadi salah satu kendala yang paling umum dialami penumpang. Bukan sekedar membuang waktu untuk menunggu, seringkali penundaan terbang ini juga memicu kerugian finansial. Oleh karena itu, asuransi perjalanan Qoala pun bisa menjadi opsi solusinya.

Asuransi perjalanan Qoala merupakan suatu produk asuransi perjalanan online hasil kerjasama antara platform perjalanan, Qoala dan perusahaan asuransi terkemuka. Produk ini biasanya ditawarkan melalui platform layanan perjalanan yang sering digunakan oleh masyarakat. Namun demikian, platform tersebut hanya menjadi pihak yang mempertemukan antara nasabah dengan perusahaan asuransi maupun insurtech saja.

Seperti halnya asuransi perjalanan online lain pada umumnya, asuransi perjalanan dari Qoala ditujukan untuk menekan dampak finansial dari risiko kerugian terkait perjalanan. Produk yang ditawarkan juga menawarkan pilihan plan, yaitu untuk perjalanan domestik (dalam negeri) dan perjalanan internasional (luar negeri). Calon nasabah pun bisa memilih plan sesuai kebutuhan mereka.

Kelebihan menggunakan produk asuransi perjalanan online semacam ini adalah kemudahannya dalam hal pembelian dan pengajuan klaim. Berbagai keperluan yang terkait dengan asuransi bisa dilakukan secara online. Dengan kata lain, nasabah tidak harus datang ke kantor untuk mendaftar, bayar premi ataupun mengajukan permohonan klaim asuransi perjalanannya.

10 Manfaat Asuransi Perjalanan Qoala

Asuransi Perjalanan Qoala

Asuransi perjalanan Qoala bisa menjadi pilihan produk proteksi yang terbilang kompetitif untuk saat ini. Manfaat yang ditawarkan melalui produk ini dapat membantu nasabah dalam meminimalisir dampak kerugian yang kemungkinan dialami saat melakukan perjalanan. Cakupan perlindungan yang ditawarkan melalui produk online ini antara lain

1. Perlindungan dari Keterlambatan Penerbangan

Apabila penerbangan pemegang polis mengalami keterlambatan, setidaknya 90 menit dari jadwal, maka asuransi dapat memberikan kompensasi. Untuk 90 menit awal, nasabah bisa mendapatkan ganti rugi sebesar Rp 250 ribu. Begitu pula pada 90 menit berikutnya hingga mencapai Rp 2 juta. Namun manfaat ini, tidak mencakup delay karena pergantian jadwal oleh pihak maskapai.

2. Perlindungan Pembatalan Perjalanan

Ada kalanya nasabah harus membatalkan perjalanannya sebelum tanggal keberangkatan. Umumnya penyebab pembatalan ini bisa berupa luka serius akibat kecelakaan, penyakit keras atau adanya keluarga inti yang meninggal. Asuransi dapat memberikan manfaat perlindungan pembatalan ini dengan besaran hingga Rp 5 juta (untuk perjalanan domestik) dan hingga Rp 10 juta (untuk perjalanan internasional).

3. Perlindungan dari Tertinggal Penerbangan Lanjutan

Ada kalanya Tertanggung mengalami delay pada penerbangan pertamanya, hingga mengakibatkan ia tidak bisa ikut pada penerbangan kedua. Kejadian seperti ini bisa sangat merugikan. Tertinggal penerbangan lanjutan ini juga masuk ke dalam cakupan perlindungan asuransi perjalanan online Qoala dengan manfaat hingga Rp 2 juta (plan domestik) dan hingga Rp 5 juta (plan internasional).

4. Perlindungan Kesehatan dan COVID19

Nasabah juga bisa mendapatkan santunan tunai rawat inap Rp 100 ribu/ hari hingga maksimal Rp 1,4 juta apabila Tertanggung harus menjalani rawat inap. Termasuk pula apabila rawat inap tersebut dikarenakan oleh Covid-19.

5. Biaya Perawatan Akibat Kecelakaan

Tak jauh berbeda dari manfaat perlindungan rawat inap, perawatan medis dan pengobatan juga akan diberikan untuk Tertanggung yang mengalami sakit maupun kecelakaan.

6. Perlindungan dari Kecelakaan Diri

Tertanggung berhak mengajukan klaim apabila perjalanannya mengalami kecelakaan penerbangan hingga mengakibatkan cacat parsial maupun permanen. Manfaat perlindungan yang bisa diterima adalah hingga Rp 75 juta (untuk plan domestik) dan hingga Rp 500 juta (untuk plan internasional)

7. Santunan Tunai

Tertanggung yang mengalami kecelakaan dalam penerbangannya hingga mengalami luka atau cedera yang memerlukan pengobatan umum, berhak mengajukan klaim santunan tunai dengan manfaat Rp 100 ribu/ hari sampai dengan 14 hari.

8. Perlindungan dari Keterlambatan Bagasi

Apabila barang bawaan atau bagasi tak kunjung datang setelah Tertanggung tiba di tujuan, maka ia berhak untuk mengajukan klaim. Keterlambatan bagasi, setidaknya 4 jam, ini bisa mendapatkan ganti rugi Rp 500 ribu, baik untuk plan domestik maupun internasional.

9. Perlindungan dari Kehilangan Bagasi

Tak hanya kemungkinan datang terlambat, bagasi juga bisa saja hilang atau bahkan rusak. Hal ini bisa dikarenakan kesalahan pihak pengangkut dalam menangani barang bawaan Anda tersebut. Ganti rugi yang bisa diberikan oleh asuransi perjalanan adalah hingga Rp 1 juta untuk kedua pilihan plan.

10. Perlindungan dari Kehilangan Paspor

Ada kalanya Tertanggung mengalami kejadian tidak terduga dalam perjalanannya, seperti halnya tindak kriminal. Pencurian atau perampokan bisa saja membuat nasabah kehilangan paspor di luar negeri. Untuk menekan kerugian, asuransi akan memberikan perlindungan hingga senilai Rp 2 juta untuk meringankan penerbitan kembali dokumen tersebut.

Cara Mendapatkan Asuransi Perjalanan Qoala

Asuransi Perjalanan Qoala

Dengan tujuan utama untuk memudahkan masyarakat mendapatkan perlindungan, maka asuransi perjalanan Qoala pun didesain agar mudah dijangkau. Produk ini bisa didapatkan dengan mudah di platform perjalanan populer, caranya:

  1. Akses platform perjalanan pilihan Anda kemudian pilih penerbangan
  2. Pada beberapa platform, ada batasan negara tujuan yang tidak tercakup perlindungan. Namun ada pula yang seluruh penerbangan bisa dicover oleh asuransi. Cermati dan pilih penerbangan Anda.
  3. Aktifkan tombol asuransi yang ada pada tampilan platform
  4. Biaya untuk premi asuransi kemudian langsung ditambahkan ke harga tiket penerbangan Anda
  5. Lakukan proses pembayaran sesuai instruksi hingga selesai
  6. Silakan buka kotak masuk email yang Anda gunakan untuk memeriksa Sertifikat dan Polis Asuransi
  7. Selesai, kini penerbangan Anda pun telah terproteksi asuransi

Cara Klaim Asuransi Perjalanan Qoala

Asuransi Perjalanan Qoala

Kemudahan tak hanya dirasakan dalam hal pembelian asuransi saja, mekanisme klaim asuransi perjalanan Qoala pun juga tak jauh berbeda dari produk online lainnya. Pastikan Anda sudah melakukan registrasi akun di www.qoala.app untuk melakukan klaim. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengajukan klaim antara lain:

  1. Login ke Qoala menggunakan Username dan Kode PIN Anda
  2. Lihat ke bagian My Policy
  3. Kemudian tentukan tipe klaim yang akan Anda ajukan
  4. Pastikan Anda dapat memenuhi syarat dan ketentuan pengajuan klaim tersebut
  5. Ikuti langkah-langkah yang ditampilkan untuk pengajuan klaim tersebut
  6. Apabila persyaratan sudah Anda penuhi, maka pengajuan klaim tersebut akan mulai diproses
  7. Setelah klaim disetujui, maka pencairan akan segera dilakukan minimal 1 hari
  8. Klaim untuk keterlambatan penerbangan bisa dilakukan melalui klaim instan yang akan dipandu melalui akun WhatsApp Business pihak Qoala

Sementara daftar dokumen yang perlu Anda siapkan untuk mengajukan klaim pun terbilang standar, antara lain:

  • Polis asuransi perjalanan (asli/fotokopi)
  • Fotokopi KTP
  • Tiket penerbangan (asli/fotokopi)
  • Boarding pass (asli/fotokopi)
  • Surat Pernyataan mengenai kronologis kejadian yang terjadi pada Tertanggung (asli)

Selain itu, siapkan pula dokumen pendukung sesuai jenis klaim seperti kwitansi tagihan dokter atau rumah sakit dan resep, laporan medis, pernyataan musibah dari travel agent, pernyataan dari penerbangan, pernyataan dari polisi, pernyataan dari bandara dan sebagainya.

Kesimpulan

Asuransi perjalanan Qoala bisa menjadi sebuah solusi praktis yang berguna untuk memastikan bahwa penerbangan yang Anda lakukan jadi lebih aman dan nyaman. Ini karena adanya perlindungan finansial dari berbagai risiko yang mungkin saja terjadi selama Anda melakukan trip. Terlebih dengan produk yang bersifat online dan tersedia di platform perjalanan yang membuat aksesnya jadi semakin mudah.