Asuransi Dwiguna: Solusi Finansial Masa Depan & Jaminan Hari Tua

JSMedia – Apa yang kalian tahu tentang asuransi Dwiguna? Asuransi merupakan salah satu hal penting yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Karena dengan memiliki asuransi, maka seseorang akan mendapatkan proteksi akan dirinya sendiri atas resiko hal-hal tak terduga yang mungkin terjadi di masa depan.

Akan tetapi, sampai saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui besarnya manfaat dari asuransi. Salah satu jenis asuransi yang wajib kalian ketahui adalah Asuransi Dwiguna. Karena ia mampu memberikan banyak sekali manfaat pada si pemegang polis.

Oleh karena itulah, jenis asuransi yang satu ini terbilang sangat populer dan disukai banyak orang. Nah ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu Asuransi Dwiguna, manfaat yang diberikan serta jenis-jenisnya? Kalian wajib simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Asuransi Dwiguna

Pengertian Asuransi Dwiguna

Dari namanya, kita bisa tahu bahwa Asuransi Dwiguna adalah jenis asuransi yang mampu memberikan 2 jenis manfaat. Nah manfaat apa yang dimaksud disini? Pertama tentu saja manfaat perlindungan terhadap si pemegang polis terhadap kerugian finansial yang mungkin terjadi di masa depan.

Sedangkan manfaat kedua adalah sebagai tabungan yang akan sangat bermanfaat untuk jaminan di masa mendatang. Hal inilah yang membuat asuransi dwiguna banyak disukai karena tak hanya mampu memberikan proteksi dari kerugian finansial, namun juga sebagai bentuk investasi masa depan.

Oleh karena itulah, jenis asuransi Dwiguna ini sangat populer dan menjadi pilihan masyarakat. Namun di sisi lain, karena kelebihan manfaat yang mampu diberikannya, asuransi Dwiguna ini umumnya akan memiliki biaya premi yang lebih mahal daripada jenis asuransi lainnya.

Jenis Asuransi Dwiguna

Jenis Asuransi Dwiguna

Asuransi yang satu ini juga memiliki beberapa jenis yang masing-masing memberikan manfaat yang berbeda bagi si pemegang polis. Diantaranya seperti asuransi pensiun, pendidikan dan juga PNS. Nah apa kelebihan dan manfaat dari masing-masing asuransi diatas? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Asuransi Pendidikan

Bagi kalian yang sudah menjadi sosok orang tua dan mempunyai anak, maka mempersiapkan pendidikan yang baik untuk mereka merupakan sebuah kewajiban. Maka untuk itulah ada baiknya hal tersebut mulai disiapkan dari sekarang. Dan asuransi dwiguna bisa membantu kalian dalam menyiapkan kebutuhan pendidikan untuk di buah hati di masa depan.

Karena pendidikan merupakan salah satu hal yang biasanya membutuhkan biaya cukup besar, sebagai orang tua kita harus pandai dalam mengaturnya. Dengan mengikuti asuransi pendidikan, maka kita bisa mulai menabung dan mengumpulkan uang dari sekarang agar di kemudian hari pendidikan anak terjamin.

2. Asuransi Pensiun

setiap orang pastinya akan menghadapi yang namanya hari tua suatu saat nanti. Kondisi dimana kita tak lagi bisa bekerja dan produktif lagi. Nah untuk itulah kita juga harus memikirkan hari-hari tua nanti dan mulai mempersiapkannya dengan memiliki asuransi.

Sehingga saat sudah memasuki masa pensiun, kita sudah punya tabungan serta investasi yang telah kita siapkan sebelumnya. Dan meskipun nanti ada hal buruk yang terjadi pada si pemegang polis sebelum memasuki pensiun, maka uang pertanggungan tetap bisa dicairkan dan diterima ahli waris.

3. Asuransi PNS

Khusus bagi kalian yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil, maka bisa juga mengikuti asuransi jenis ini. Dimana asuransi tersebut memberikan perlindungan pada si pemegang polis apabila suatu saat nanti tidak lagi bekerja sebagai PNS ataupun pensiun.

Untuk nilai premi yang harus dibayarkan oleh pemegang polis adalah 3,25% dari total penghasilan per bulannya. Dan jika nanti sudah tidak bekerja sebagai PNS atau pensiun bisa mendapatkan uang pertanggungan hingga 3 juta per bulannya.

Manfaat Asuransi Dwiguna

Manfaat Asuransi Dwiguna

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa jenis asuransi yang satu ini tidak hanya memberikan manfaat perlindungan finansial, namun juga memiliki nilai investasi untuk masa depan. Sehingga manfaat yang bisa kita dapatkan lebih banyak daripada jenis asuransi biasanya.

1. Perlindungan Jiwa

Manfaat utama yang diberikan oleh asuransi dwiguna tentu saja berupa perlindungan jiwa bagi si pemegang polis. Apabila nantinya terjadi hal yang tak diinginkan pada tertanggung, maka akan mendaptkan uang santunan untuk menutupi kerugian finansial yang dialami.

2. Motivasi Menabung

Selain memberikan perlindungan diri, jenis asuransi dwiguna juga memiliki manfaat menabung dan investasi. Sehingga kalian bisa mulai mempersiapkan kebutuhan di masa depan mulai dari sekarang. Karena kita tak pernah tahu hal apa saja yang mungkin terjadi ke depannya.

3. Premi Tidak Hangus

Lalu bagaimana jika si pemegang polis masih hidup dan masa pertanggungan asuransi telah berakhir? Jangan khawatir, karena iuran premi yang telah kalian setorkan juga akan dikembalikan dan tidak akan hangus.

4. Pembebasan Premi

Manfaaat pertanggungan asuransi dwiguna juga bisa diperluas dalam beberapa kondisi tergantung kesepakatan. Contohnya seperti pembebasan premi apabila si pemegang polis mengalami penyakit kritis atau cacat permanen.

Cara Daftar Asuransi Dwiguna

Cara Daftar Asuransi Dwiguna

Nah bagaimana, tertarik untuk mengikuti asuransi  dwiguna? Karena dari penjelasan diatas kalian bisa mendapatkan begitu banyak manfaat dari jenis asuransi yang satu ini. Lalu bagaimana cara daftarnya? Gampang banget kok.

  • Kalian bisa langsung cek beberapa perusahaan asuransi juga sudah membuka pendaftaran secara online.
  • Sehingga kalian bisa memilih produk mana yang sekiranya cocok untuk masing-masing.
  • Apabila ingin lebih jelas bisa langsung datang ke kantor perusahaan terkait untuk bertanya-tanya.

Cara Klaim Asuransi Dwiguna

Cara Klaim Asuransi Dwiguna

Lantas bagaimana cara untuk klaim uang pertanggungan apabila sudah tiba saatnya? Kurang lebih tidak jauh berbeda dengan jenis asuransi pada umumnya.

Syarat Klaim Asuransi Dwiguna

berikut adalah beberapa syarat dan dokumen yang harus kalian persiapkan untuk proses klaim asuransi dwiguna.

  • Polis asuransi yang asli.
  • Formulir klaim meninggal dunia.
  • Surat keterangan kematian dari pemerintah.
  • Fotocopy identitas pemegang polis.
  • Surat keterangan dari dokter.
  • Fotocopy catatan medis pemegang polis.
  • Apabila meninggal karena kecelakaan, butuh surat berita acara dari kepolisian.
  • Identitas ahli waris sebagai penerima uang pertanggungan.

Proses Pengajuan Klaim Asuransi Dwiguna

Apabila semua persyaratan yang dibutuhkan diatas, maka kalian bisa langsung ajukan proses klaim sebagai berikut :

  • Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan seperti yang telah disebutkan diatas.
  • Apabila tertanggung meninggal dunia, segera melapor ke pihak asuransi tidak lebih dari 7 hari setelah kejadian.
  • Kirimkan semua dokumen persyaratan kepada pihak asuransi.
  • Tunggu perusahaan asuransi melakukan pengecekan dan verifikasi data.
  • Jika semua sudah memenuhi persyaratan, maka uang pertanggungan bisa segera dicairkan.

Kesimpulan

Demikian penjelasan lengkap tentang apa itu asuransi dwiguna beserta jenis-jenisnya. Asuransi yang satu ini memang bisa memberikan banyak sekali manfaat dan bukan hanya sekedar bentuk perlindungan asuransi jiwa saja. Karena bisa juga sebagai bentuk tabungan dan investasi untuk mempersiapkan masa depan kalian atau anak-anak kalian nantinya.